cover
Contact Name
Fransiskus Panca Juniawan
Contact Email
Fransiskus Panca Juniawan
Phone
-
Journal Mail Official
fransiskus.pj@atmaluhur.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pangkal pinang,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)
ISSN : 23017988     EISSN : 25810588     DOI : -
Jurnal Sisfokom merupakan singkatan dari Jurnal Sistem Informasi dan Komputer. Jurnal ini merupakan kolaborasi antara sivitas akademika STMIK Atma Luhur dengan perguruan tinggi maupun universitas di Indonesia. Jurnal ini berisi artikel ilmiah dari peneliti, akademisi, serta para pemerhati TI. Jurnal Sisfokom diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan makalah dalam bidang ilmu sistem informasi dan komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2019): MARET" : 16 Documents clear
Implementasi Metode Prototype Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Java (Netbeans 7.3) (Studi Kasus SMK N 01 Prabumulih) Khana Wijaya
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.600

Abstract

Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Di SMK N 01 Prabumulih dibuat dengan bahasa pemrograman Java dan database MySQL. SMK N 01 Prabumulih adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Prabumulih yang sudah berdiri sejak 2003 hingga dengan sekarang, serta memiliki berbagai fasilitas pendukung kegiatan pendidikannya, seperti laboratorium, UKS Serta Perpustakaan. Perpustakaan di SMK N 01 Prabumulih dalam hal pendataan peminjam serta pencarian arsip dilakukan secara manual yang masih menggunakan Alat Tulis Kantor (ATK) dalam hal pengelolaan data buku serta data peminjamnya. Sehingga membutuhkan suatu sistem yang dapat membantu sistem yang lama agar lebih mempermudah staff dalam membuat laporan data peminjamnya. Dengan adanya Sistem Informasi Perpustakaan yang diusulkan mampu menghasilkan informasi yang cepat, dan tepat waktu sehingga memudahkan dalam pengolahan data buku, data peminjam, data admin, dan laporan Peminjam. Sistem Informasi Perpustakaan ini berbasis localhost.
Analisis Hasil Improvisasi SEO dengan Metode Hybrid Modified MCDM untuk Peningkatan Peringkat Dan Trafik Kunjungan Website UMKM Silvester Dian Handy Permana
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.8 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.611

Abstract

SEO (Search engine Optimization) saat ini merupakan hal yang wajib ada di dalam website yang dibuat. SEO dapat membantu website agar dapat dicari di mesin pencarian seperti Google, Bing, dan Yahoo. Namun, penerapan SEO yang standar tidak dapat membuat website menduduki peringkat atas dalam pencariannya. Hal ini dikarenakan banyak website sudah menerapkan teknik SEO yang standar sebagai bantuan untuk pencariannya. Metode Hybrid Modified MCDM dapat mempengaruhi mesin pencari untuk menentukan website mana yang paling cocok dengan pencarian yang ada. Penelitian ini memproyeksikan penerapan SEO yang telah dimodifikasi kepada website UMKM agar dapat menjadi peringkat paling atas. Dengan menjadi peringkat paling atas dalam mesin penelusuran diharapkan dapat membantu calon pelanggan dalam mencari website UMKM sehingga dapat meningkatkan perekonomian dari UMKM
Automasi Picking List dan Display Outlet Berbasis Web Menggunakan Teknologi Google Maps dan GPS Yesni Malau
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.251 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.591

Abstract

Kebutuhan akan teknologi akan meningkat seiring dengan perkembangan proses bisnis yang ada di perusahaan, kemudahan proses dalam menjalankan kegiatan bisnis akan memudahkan perusahaan dalam pencapaian target. Pada Perusahaan distribusi barang, proses pengiriman barang hampir dilakukan setiap hari, area pengiriman (outlet) yang berbeda dan jarak tempuh yang tidak bisa diprediksi secara pasti akan mempengaruhi biaya operasional perusahaan dan proses pembuatan picking list yang manual akan menjadi hambatan perusahaan guna mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Untuk itu Perusahaan dapat mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan teknologi google maps dan GPS dalam proses bisnisnya. Pemanfaatan menggunakan teknologi google maps dan GPS dapat membantu perusahaan dalam memonitor alur pengiriman barang, memonitoring  posisi  kendaraan melalaui koordinat lintang dan bujur yang diberikan oleh sinyal GPS. Dan automasi picking list akan membantu perusahaan guna mendapatkan informasi data planning pengiriman lebih cepat dan akurat. Dengan diterapkannya automasi picking list dan  display outlet  berbasis titik koordinat outlet  dilengkapi  menggunakan teknologi google Maps dan GPS akan memberi banyak keuntungan, dimana perusahaan dapat melakukan analisa atas kalkulasi biaya  distibusi barang dengan seefisien dan waktu pengiriman yang seefektif mungkin. Penerapan teknologi GPS dapat digunakan untuk pemantuan mobil dan driver dalam mendistribusikan barang dapat dilakukan secara langsung. 
Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang Agus Junaidi
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.732 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.604

Abstract

Hasil dari penjualan pada minimarket yang selalu berupa laporan hanya dilihat tanpa ada tindak lanjut untuk menentukan keputusan diwaktu yang akan datang. Pihak manajemen hanya menerima laporan jumlah barang terjual dan berapa banyak pendapatannya. Padahal dengan data tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menyusun rencana-rencana penjualan diwaktu yang akan datang. Dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth, pihak manajemen dapat mengambil keputusan barang mana yang membutuhkan persediaan yang lebih banyak dibandingkan dengan barang yang lain. Peletakan barang yang sesuai dengan hubungan antar barang yang biasanya dibeli konsumen juga dapat ditentukan berdasarkan support dan confidence berdasarkan market base analysis yang diperoleh dari perhitungan asosiasi dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth. Dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth maka penempatan barang dan persediaan barang pada minimarket dapat terkontrol dengan baik sehingga pelayanan pada konsumen akan meningkat yang akhirnya dapat juga meningkatkan omset penjualan. Dalam penelitian ini support ditentukan mengunakan ambang batas 60% dan confidence 80%.
DESAIN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 TEMPILANG DENGAN MODEL FAST Anisah Anisah
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.613

Abstract

Dukungan teknologi informasi di dunia pendidikan untuk saat ini sudah banyak digunakan untuk membantu dalam hal pengurusan berkaitan dengan administrasi. Begitu juga halnya dengan SMA Negeri 1 Kelapa, membutuhkan sebuah pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu dalam pengelolaan data yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. dikarenakan saat ini, proses pengolahan data bimbingan dan konseling masih menggunakan sistem yang manual. Dengan masih menggunakan sistem manual tersebut, penyimpanan data yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling menjadi kurang rapi, pada saat ingin membuat laporan bimbingan dan konseling membutuhkan waktu dalam hitungan hari, karena harus  membuka dokumen bimbingan konseling satu persatu. Untuk menghitung total point pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, maka dilakukan perhitungan secara manual, sehingga memungkinkan kesalahan dalam perhitungan poin pelanggaran yang sudah dilakukan oleh siswa jika melakukan pelanggaran berkaitan dengan tata tertib khususnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, sebuah sistem yang terkomputerisasi yang terkoneksi dengan database untuk menampung data yang berkaitan dengan administrasi bimbingan dan konseling sangat diperlukan sehingga semua data yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling dapat tersimpan secara rapi dan laporan Bimbingan Konseling (BK) dapat dilakukan secara cepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan model FAST yang bisa menuntun penulis untuk melakukan tahap demi tahap dalam proses desain sistem informasi Bimbingan Konseling yang meliputi definisi lingkup, analisis masalah, analisis kebutuhan dan desain logik dan fisik yang kemudian dilakukan pengujian sistem sesuai dengan kebutuhan user. Alat bantu yang digunakan adalah diagram UML. Untuk perancangan basis data menggunakan perancangan terstruktur dengan menggunakan model Entity Relationship.
PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN PRODUK TERBAIK PADA PT ASURANSI JIWA GENERALI Hardiyan Hardiyan; Rosiana Nur Hazizah
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.004 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.592

Abstract

Pengembangan bisnis asuransi di saat yang berkembang pesat, dimana ini bisa membuat bingung dalam menentukan produk terbaik yang sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Asuransi jiwa adalah bisnis jasa yang memberikan jaminan kepada pelanggan ketika mereka mengalami peristiwa yang beresiko hilang produktivitasnya menjadi keuangan. Namun, sebagaian besar pelanggan benar-benar menyesal telah nasabah asuransi menjadi karena kurangnya pemahaman mereka untuk asuransi    itu sendiri. Adapun model metode yang akan digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini merupakan metode dengan cara mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dan pada setiap atribut. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat membantu dalam pengambilan keputusan suatu kasus, akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode ini hanya yang menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik.
PROTOTIPE APLIKASI SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI DARMA KARYA PANGKALPINANG BABEL Sujono Sujono; Melati Suci Mayasari; Koloniawan Koloniawan
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.187 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.609

Abstract

Sistem manual menggunakan tenaga manusia dengan segala keterbatasannya belum mampu mengolah data dalam jumlah besar dan rumit secara tepat, akurat, efektif, dan efesien. Koperasi saat ini dituntut memiliki sitem yang selalu menyediakan informasi lengkap terkait dokumentasi koperasi, informasi tentang anggota, informasi pencapaian koperasi serta evaluasi pencapaian koperasi dan tiap program kerja. Solusinya adalah pemanfaatan aplikasi untuk menggantikan sistem manual. Untuk merancang aplikasi dengan menggunakan model Prototipe dan metodologi UML(Unified Modeling Language). Dari rancangan ini menghasilkan sebuah model aplikasi yang menampilkan gambaran lengkap suatu sistem, sehingga aplikasi dapat dibangun sesuai kebutuhan untuk mengatasi masalah yang terjadi
Halaman Depan Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol. 8 No. 1 2019 Editor in Chief Sisfokom
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.454 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.627

Abstract

This article contains front-matter of Sisfokom, Volume 8 Number 1 March 2019, which includes a cover page, title page, editorial team, and table of contents.
APLIKASI BAHASA ISYARAT PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNA RUNGU Nurul Huda
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.582

Abstract

Pengenalan huruf hijaiyah tidak hanya dikenalkan kepada orang-orang yang berkehidupan normal saja tetapi juga harus dikenalkan kepada orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus bagi yang beragama Islam seperti yang diperuntukkan bagi para penyandang cacat tuna rungu. Tuna rungu merupakan salah satu yang kesulitan dalam pendengarannya, sehingga dalam percakapan para tuna rungu menggunakan bahasa isyarat. Saat ini masih belum banyak aplikasi-aplikasi yang dapat memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang bahasa isyarat, khusus huruf hijaiyah yang dapat digunakan oleh para penyandang disabilitas tuna rungu, untuk itu diperlukanlah sebuah aplikasi yang dapat membantu para tuna runguagar dapat mengenal huruf-huruf hijaiyah .air terjun yang akan menghasilkan aplikasi bahasa isyarat pengenalan huruf hijaiyah. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para penyandang cacat tuna rungu agar lebih mudah mengenal huruf-huruf hijaiyah serta diharapkandapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Kata kunci : Huruf Hijaiyah, Tuna Rungu, Air Terjun
Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design Yayuk Ike Melani
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 8, No 1 (2019): MARET
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.8 KB) | DOI: 10.32736/sisfokom.v8i1.597

Abstract

Sistem pengaduan layanan akademik yang ada pada STMIK PalComTech menggunakan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa setiap bulannya sehingga mahasiswa terkadang lupa untuk menyampaikan keluhan apa saja yang akan diberikan. Kuesioner hanya ditujukan kepada layanan konsumen, layanan dosen dan layanan BAAK. Belum tersedianya sistem pengaduan untuk Sarana dan Prasarana serta Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pengaduan layanan akademik yang ditujukan kepada mahasiswa untuk mempermudah mahasiswa dalam menyampaikan keluhannya terhadap layanan akademik setiap saat tanpa harus menunggu satu bulan untuk menyampaikan keluhan. Dalam pengembangannya sistem ini menggunakanmetode waterfall sedangkan desain dari sistem menggunakan responsive web desain yang dapat dibuka melalui komputer desktop atau handphone. Hasil dari penelitian ini adalah sebuahaplikasi yang digunakan sebagai sistem monitoring kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik yang diberikan oleh BAAK, Keuangan dan Sarpras serta memberikan hak kepadamahasiswa untuk dapat menyampaikan keluhannya kepada pihak layanan akademik melalui media yang telah disediakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16